Let's Adopt Indonesia
Komunitas

Let’s Adopt Indonesia – Komunitas Penyelamat Kucing dan Anjing

Let’s adopt Indonesia merupakan komunitas bagi orang orang yang suka dengan anjing dan kucing. Saat ini let’s adopt Indonesia sudah menjadi salah satu komunitas yang bergerak untuk menyelamatkan kucing dan anjing yang terlantar. Komunitas ini pun sekarang sudah berbentuk yayasan berbadan hukum. Let’s adopt sendiri menuturkan alasan mereka menjadi sebuah yayasan untuk menggalang donasi dalam penyelamatan kucing dan anjing terlantar. Yayasan yang berbadan hukum membuat let’s adopt Indonesia bisa dipercaya untuk melakukan donasi.

Let’s adopt indoensia sendiri merupakan komunitas online. Mereka bukan shelter yang menampung kucing dan anjing yang terlantar. Menurut penuturan Carolina Fajar, selaku founder Let’s Adopt Indonesia biasanya mereka mencari anggota yang bisa membantu Let’s Adopt Indonesia lebih berkembang. “Kami juga melihat soft skill anggota yang bisa bermanfaat untuk Let’s Adopt sendiri. Biasanya yang dilihat adalah skill photography, design, atau kemampuan di social media.”

Sejarah Let’s Adopt Indonesia

Awalnya Let’s Adopt Indonesia terbentuk karena visi dan misi yang sama yang oleh para membernya. Menurut Carolina Fajar sebenarnya komunitas Let’s Adopt ini bersifat global dan ada di berbagai negara. “Kami awalnya ditawarkan untuk menggunakan nama let’s adopt agar ada let’s adopt Indonesia.” “Namun, sekarang let’s adopt Indonesia sudah berdiri sendiri tapi nama let’s adoptnya masih kita gunakan.”

Sejak tahun 2011, sudah banyak hewan terlantar yang diselamatkan oleh Let’s Adopt Indonesia. Jumlahnya sudah mencapai 100 hewan lebih. Setelah kami selamatkan hewan terlantar, kami akan membawa mereka ke klinik dulu untuk di cek kondisi kesehatannya. Setelah keadaannya membaik, kami akan membawa hewan tersebut ke sebuah penampungan sementara. Saat hewan di tampung di penampungan, di situ Let’s Adopt mulai bekerja.

Let’s adopt akan memulai sosialiasi untuk membantu hewan-hewan tadi agar dapat diadopsi. Sosialiasi ini biasanya dilakukan di sosial media. Dalam penampungan sendiri, hewan yang diselamatkan, akan dilatih terlebih dahulu. Hewan ini sudah terbiasa hidup di jalanan dan mereka belum terbiasa tinggal di dalam rumah. Let’s Adopt Indonesia melatih mereka agar terbiasa tinggal di rumah. Menurut Carolina sendiri, banyaknya hewan yang sering terlantar karena ada beberapa hal salah satunya tidak siapnya pemilik hewan untuk memelihara. Carolina memberikan tips sebelum mengadopsi hewan peliharaan.

Tips Mengadopsi Hewan Peliharaan

Tentukan Hewan yang Mau diadopsi

Setiap hewan memiliki karakteristik yang berbeda. Terkadang pemilik lupa akan hal ini. Sebelum mengadopsi sebaiknya liat lagi apakah hewan tersebut cocok dengan kepribadian pemilik.

Komitmen

Komitmen tidak hanya dibutuhkan oleh pemilik hewan tapi oleh seluruh anggota yang tinggal di rumah tersebut. Jika ada 1 anggota yang merasa tidak bisa sebaiknya niat untuk mengadopsi diurungkan. Hewan dapat merasakan hawa ketidaksukaan dari manusia sehingga hal ini akan membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

Lingkungan Tempat Tinggal

Pemilik hewan perlu melihat apakah lingkungan tempat tinggalnya apakah dapat memelihara hewan tertentu. Terkadang ada lingkungan masyarakat yang tidak suka dengan keadaan berisik sehingga untuk memelihara hewan seperti anjing tidak disarankan karena anjing terkadang ribut. Sesuaikan hewan yang dipelihara dengan keadaan lingkungan.

Rencana Masa Depan dan Situasi

Pemilik harus melihat rencana masa depan mereka. Apabila pemiliknya nanti harus pindah rumah atau di dalam rumah memiliki anak hal ini tentu perlu diperhatikan. Jika pemilik pindah rumah pastinya lingkungan bisa dapat mempengaruhi. Karena itu komitmen sangat dibutuhkan. Biasanya kasus hewan terlantar juga terjadi karena pemilik harus pindah rumah dan lingkungan barunya tidak menyukai adanya hewan peliharaan. Kalian sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawat hewan peliharaan di rumah di sini.

Biaya

Memelihara hewan peliharaan tidak hanya soal biaya makan dan mainan saja. Kita juga perlu menyiapkan biaya lain jika hewan tersebut sakit. Hewan juga membutuhkan perawatan seperti halnya manusia jika sedang sakit.

Jika kalian ingin mengetahui lebih soal Let’s Adopt Indonesia, kalian bisa kunjungi Instagram dan Facebook. Kalian tentu saja bisa join ke grup mereka di dalam Apps Hobbinity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *