apa manfaat memelihara kucing bagi anak
Kucing Pets

Apa Manfaat Memelihara Kucing bagi Anak?

Pernahkah kamu melihat orang tua yang menjauhkan anak mereka ketika anaknya mendekati binatang seperti kucing. Tindakan ini dilakukan untuk melindungi anak mereka dari kemungkinan digigit dan penyakit dari kucing liar. Namun, kebiasaan ini justru memberikan gambaran kepada anak  bahwa binatang sebaiknya dihindari dan berbahaya. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat memelihara kucing bagi anak.

Manfaat Memelihara Kucing bagi Anak

Faktanya banyak manfaat yang bisa didapat dari memelihara kucing bagi anak. Kita akan menjabarkan beberapa manfaatnya dibawah ini.

manfaat memelihara kucing bagi anak

Memelihara Kucing Mengajarkan Anak Tanggung Jawab

Merawat kucing dapat menunjukkan ke anak sebuah tindakan langsung dari sebuah tanggung jawab. Partisiapsi anak dalam pemberian makan, membersihkan kandang, dan memandikan kucing sangat membantu untuk menumbuhkan sifat tanggung jawab. Hal ini membentuk kebiasaan yang baik bagi anak dan mengajarkan pentingnya kepedulian terhadap makhluk hidup lain.

Memelihara Kucing Membantu Anak Membangun Hubungan

Anak-anak yang dari kecil sudah terbiasa memelihara dan merawat kucing dapat mengajarkan empati dan mengontrol ego. Interaksi yang dilakukan oleh anak dan kucing, membuat anak belajar bersikap lemah lembut terhadap hewan yang lebih kecil. Hal ini juga membantu mengembangkan kemampuan sosial anak dalam berinteraksi di masa depan.

Memelihara Kucing Dapat Meningkatkan Sistem Imun Anak

Faktanya memelihra kucing dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk anak. Selain itu, memelihara kucing juga dapat mengurangi alergi dan membantu anak terhindar dari asma kedepannya. Studi lain menunjukkan bahwa memelihara kucing dapat mencegah penyakit jantung. Kucing dapat menenangkan syaraf yang tegang, meredakan stress, dan menjadi obat melawan depresi. Hal ini pun juga dapat bermanfaat ke orang yang lebih dewasa.

Apakah Aman Memelihara Kucing buat Anak?

Banyak orang tua yang takut ketika mereka akan memiliki anak saat mereka memiliki binatang peliharaan seperti  kucing. Orang tua takut anak mereka akan digigit atau dicakar. Ketakutan itu masih dirasakan walaupun anak sudah cukup besar. Namun, dari fakta yang telah disampaikan di atas, kucing adalah hewan yang sangat baik dan aman dipelihara untuk anak-anak.

Sebagai orang tua, kamu  juga harus sadar untuk menjaga kondisi kesehatan kucingmu agar kucing tidak memberikan dampak buruk bagi anakmu. Karena binatang peliharaan itu dapat menyebarkan beberapa penyakit dan berbahaya bagi anak. Kamu bisa cek artikelnya di sini.

Jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak info terkait hewan peliharaan kalian. Kalian dapat mendownload aplikasi Hobbinity untuk dan gabung ke komunitas binatang yang punya banyak info soal hewan peliharaan loh. Download sekarang di sini.

Sumber:

https://www.animalwised.com/benefits-of-having-a-cat-for-children-1277.html

https://www.litter-robot.com/blog/2019/04/26/5-reasons-why-cats-are-the-best-pets-for-kids/

https://www.americanhumane.org/blog/benefits-of-cats-for-children

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *