Anjing Sakit Flu
Anjing Pets

Apakah Anjing Bisa Sakit Flu?

Apakah kamu tahu bahwa anjing bisa sakit flu? Canine influenza adalah istilah penyakit flu yang biasanya menyerang ke anjing. Jenis virus flu pada anjing berbeda dengan virus flu pada manusia. Jenis flu pada anjing lebih dikenal H3N8 dan H3N2. H3N8 awalnya ini ditemukan di kuda namun virus ini akhirnya bisa bermutasi dan menyebar ke anjing. Virus muncul sekitar tahun 2004 di florida, Amerika Serikat. Sedangkan H3N2 ditemukan di benua Asia dan terdeteksi di burung. Seperti halnya H3N8, ilmuwan yakin bahwa virus ini menyebar dari burung ke anjing di sekitar tahun 2015 dan 2016.

Bagaimana Penyebaran Virus Flu pada Anjing?

Seperti halnya pada manusia, virus flu pada anjing juga menyebar lewat udara. Virus ini pun juga dapat bertahan di permukaan benda seperti mangkuk, kandang, atau bantal. Area seperti tempat perawatan, pusat penitipan anjing, dan taman anjing adalah tempat ideal untuk flu anjing berkembang. Kedekatan antar anjing seperti anjing yang menggonggong, batuk, atau bersin dapat dengan mudah menginfeksi anjing di sekitarnya. Persentase anjing meninggal karena virus ini terbilang kecil.

anjing sakit flu

Berapa Lama Anjing Terinfeksi Virus Flu?

Masa inkubasi virus flu anjing berkisar dari 2-4 hari sejak hari pertama virus tertular. Penularan akan berkurang sejak masuk hari keempat. Namun, anjing yang tertular virus H3N8 dapat menular hingga 10 hari setelah terpapar, dan anjing dengan virus H3N2 dapat menular hingga 26 hari. Sebagian besar dokter hewan merekomendasikan mengisolasi anjing yang tertular virus H3N2 selama setidaknya 21 hari untuk mengurangi risiko penularan.

Cek juga: Penyakit Anjing dan Kucing yang Menular ke Manusia

Ciri-ciri Anjing Terinfeksi Flu

Pemilik anjing perlu memperhatikan kondisi anjing mereka jika terlihat ciri-ciri berikut karena ciri-ciri ini bisa menjadi penyebab anjing terkena flu

  • Batuk (lembab dan kering)
  • Bersin
  • Keluarnya cairan dari hidung
  • Kotoran hidung bernanah
  • Mata berair
  • Demam
  • Lesu
  • Sulit bernafas

Perawatan dan Pencegahan

Tindakan yang harus dilakukan jika anjing anda terkena flu adalah segera cek anjing ke dokter hewan. Virus flu pada anjing lebih membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan akrena belum ada obat untuk virus flu pada anjing, sehingga nantinya dokter dapat memberikan saran-saran terbaik untuk memulihkan keadaan anjing. Dokter juga dapat memberitahukan proses karantina terbaik bagi hewan peliharaanmu.

Cara terbaik untuk mencegah anjing tertular flu anjing adalah menjauhkannya dari tempat umum atau tempat perawatan yang terdapat kasus flu anjing. Jika kamu bersentuhan dengan anjing yang dicurigai menderita flu, cuci tangan, lengan, dan pakaianmu sebelum menyentuh anjingmu sendiri. Ini akan mengurangi risiko penularan virus flu ke anjingmu.

Suka susah cari informasi soal binatang peliharaan? Ayok gabung di hobbinity world dan temukan berbagai macam komunitas yang bisa kamu tanya-tanya soal binatng peliharaanmu. Download di sini ya untuk info lebih lanjut.

Sumber:

https://www.cdc.gov/flu/other/canine-flu/keyfacts.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *