anjing depresi
Anjing Pets

Anjing Bisa Depresi??? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kita sering mendengar manusia seringkali mengalami depresi ketika menghadapi masalah. Namun, tidak hanya manusia yang dapat mengalaminya, anjing pun bisa mengalami depresi. Mungkin hal ini terdengar aneh, tapi begitulah faktanya. Anjing dapat merasakan emosi khususnya emosi dari pemilik mereka. Hal ini pun terkadang menjadi penyebab anjing mengalami depresi.

Depresi pada anjing tidak bisa diremehkan. Walaupun perasaan depresi yang dirasakan berbeda dengan yang dialami manusia tetapi hal ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan anjing. Ketika anjing depresi, mereka akan terlihat sangat sedih dan terkadang mereka akan kehilangan minat untuk bermain.

Faktor Penyebab Anjing Depresi

Sebagai pemilik anjing, sebaiknya kamu mengetahui beberapa penyebab anjing yang mengalami depresi agar kamu dapat mengambil tindakan yang diperlukan.

  • Penyakit. Hal ini tidak dapat dipungkiri, kamu harus rutin cek kesehatan anjing peliharaanmu. Penyakit yang diderita oleh anjing akan membuat mereka terlihat sedih dan tidak bersemangat. Jika anjing terlihat lesu, segera bawa anjingmu ke dokter hewan.
  • Perubahan lingkungan. Kebanyakan anjing menyukai rutinitas dan senang dengan lingkungan tempat tinggal yang sudah mereka kenali. Ketika pemilik anjing pindah rumah atau melakukan renovasi pada rumah, hal ini bisa berdampak anjing mengalami depresi karena lingkungan yang biasa mereka tinggali berubah. Hal ini akan terlihat dari tingkah laku mereka yang tiba-tiba berubah.
  • Hubungan sosial. Anjing termasuk hewan yang dapat menjalin hubungan sosial dan dikenal sangat setia. Ikatan erat yang ini akhirnya membuat sebuah hubungan tersendiri bagi anjing. Ketika hubungan ini mengalami masalah seperti meninggalnya pemilik anjing, pindahnya anak ke kota lain, atau meninggalnya sahabat dari si anjing, hal ini tentu saja akan memberikan dampak emosional bagi anjing. Hal ini sering menjadi penyebab anjing depresi. Ketika pemilik anjing jarang hadir di depan anjing, hal ini juga dapat membuat anjing depresi.
  • Ketakutan atau Fobia. Anjing yang memiliki ketakutan atau fobia dapat mengalami depresi. Ketakutan ini terkadang tidak ditunjukkan karena anjing tidak ingin terlihat berdaya.
Anjing Depresi

Gejala Anjing Depresi

  • Menjadi lebih pendiam – anjing yang biasanya aktif dan suka bermain biasanya akan cenderung lebih menyendiri
  • Lesu – anjing lebih sering tidur
  • Kehilangan nafsu makan – hal ini akan terlihat dari porsi makanan yang berkurang dari biasanya
  • Perilaku berubah –  hal-hal yang sering dilakukan bersama menjadi tidak menarik lagi bagi anjing atau anjing bisa menjadi lebih agresif

Apa yang Perlu dilakukan?

Sebagai pemilik anjing kamu perlu mengetahui penyebab utama mengapa anjing mengalami depresi. Setiap penyebab depresi memiliki solusi yang berbeda. Jika anjingmu sakit, tentu saja kamu perlu membawanya ke dokter hewan, namun jika anjingmu depresi karena kehilangan seseorang yang dekat dengan mereka, kamu perlu membuat perubahan di lingkungan sekitar atau kamu bisa membawakan teman baru untuknya. Satu hal yang pasti, ketika anjingmu terlihat menunjukkan tanda depresi, kamu harus lebih sering hadir untuknya.

Apakah kalian memiliki banyak pertanyaan terkait hewan peliharaan? Gabung aja ke komunitas di Hobbinity. Banyak komunitas yang bisa kamu tanya-tanya terkait hewan peliharaan. Klik aja gambar di bawah ini untuk lanjut gabung ke komunitasmu.

Hobbinity World

Sumber:

https://www.thesprucepets.com/do-dogs-get-depression-

https://www.purina.co.uk/dogs/health-and-nutrition/symptoms-to-watch-out-for/dog-depression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *