ikan mas cepat mati
Ikan

Mengapa Ikan Mas Cepat Mati?

Apabila kita mempunyai ikan mas dan senang memeliharanya, sungguh menyedihkan bilamana ikan-ikan tersebut mengindikasikan tanda-tanda sekarat dan berujung mati tetapi apa penyebab ikan mas cepat mati. Ikan emas dapat mati karena tidak beberapa alasan, mulai dari penyakit sampai depresi. Ada beberapa penyebab yang membuat ikan mas cepat mati , diantaranya :

Stres

Layaknya manusia ikan juga bisa mengalami gangguan stres. Stres pada ikan bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya saat pembelian benih ikan proses pengangkutan ikan tidak dilakukan dengan baik dan benar sehingga ikan akan stres dan kemudian mati saat ditaro di kolam atau akuarium.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim pun memegang peran penting sebagai penyebab kematian ikan , ikan dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan lingkungan. Jika ikan mas tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar maka akan terjadi setres pada ikan dan memicu terjadinya kematian di kolam.

Kualitas Air Kolam

Air merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan ikan . Pastikan sumber air kolam yang dipakai untuk merawat ikan merupakan air yang bersih dan tidak mengandung zat pencemar karena air yang tercemar dapat menjadi penyebab ikan mas mati.

Pemberian Pakan yang Berlebihan

Pakan yang diberikan ikan mas harus pas dan disesuaikan dengan jumlah ikan di kolam. Jika diberi makan berlebihan akan menyebabkan kandungan oksigen terlarut dalam air yang rendah dapat menyebabkan timbulnya bakteri.

Penyakit

Terdapat dua hal yang menyebabkan ikan sakit, yakni kondisi lingkungan yang buruk dan organisme patogen. Penyakit yang disebabkan lingkungan biasanya datang karena kekurangan nutrisi, kualitas air yang buruk atau keracunan zat berbahaya. Penyakit ini biasanya tidak menular. Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh organisme patogen disebut penyakit infeksi, karena berpotensi menular dari satu ikan ke ikan lainnya.

Ikan cupang cepat mati
Gold fish or goldfish floating swimming underwater in fresh aquarium tank, marine life.

Penyakit yang Menyerang Ikan Mas

Bintik putih (white spot)

Bintik putih disebabkan oleh ichthyophthirius multifiliis, kelompok protozoa dari kelas ciliata. Gejala: bintik-bintik putih berlendir pada permukaan tubuh dan insang, gerakan ikan lambat dan sulit bernafas. Pada fase berat menyebabkan pendarahan pada sirip dan tertutup lendir. Ikan bergerak lamban dan muncul ke permukaan air.

Bengkak insang dan badan

Disebabkan oleh myxospores, sejenis spora yang dihasilkan oleh mycobacteria. Ikan yang terserang penyakit ini menunjukkan gejala insang selalu terbuka terdapat bintil putih kemerahan, pada bagian punggung terjadi pendarahan.

Cacing insang dan kulit

Disebabkan oleh organisme sejenis cacing, yakni cacing kulit (Gyrodactylus) dan cacing insang (Dactylogyrus). Gejala penyakit ini terlihat pada insang, terjadi pendarahan dan penebalan. Ikan terlihat menggosok-gosokkan badannya pada dasar atau dinding kolam, sirip kadang rontok, ikan tampak kurus, sisik buram.

Kutu ikan(argulosis)

Gejala yang muncul biasanya adanya bercak merah pada bagian sirip, kulit dan insang. Ikan terlihat kurus karena kutu menyerap darah ikan.

Jamur (Saprolegniasis)

Penyakit ini disebabkan oleh jamur, biasanya menyerang bagian kepala, tutup insang dan sirip. Kondisi air yang dingin akan mempercepat luka. Gejalanya pada tubuh ikan tampak seperti ada kapas, pada telur ikan akan tampak serabut seperti kapas.

Jika kalian ingin cek info binatang lain kalian bisa cek di sini atau kalian download saja Hobbinity World. Kalian bisa tanya-tanya ke teman-teman komunitas yang tentunya punya banyak info menarik di sana.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *