komunitas burung hantu
Burung Komunitas

Komunitas Burung Hantu Tangerang @tsoc_nocturnal

@tsoc_nocturnal merupakan kepanjangan dari Tangerang Selatan Owl Community dan merupakan komunitas burung hantu yang ada di tangerang. Komunitas ini berdiri di sekitar tahun 2016. Awalnya terbentuk dari orang-orang yang memiliki kesamaan yaitu suka dengan burung hantu dan sering sekali berdiskusi soal info-info burung hantu khususnya di sosial media. Karena sudah saling kenal memutuskan berkumpul dan akhirnya terbentuk komunitas @tsoc_nocturnal.

Komunitas kami sering memberikan info dan edukasi ke masyarakat terkait burung hantu. Sering sekali terjadi kesalahan informasi yang diterima masyarakat pada umumnya soal pemeliharaan burung hantu. Misalnya, kuku burung hantu sama sekali tidak boleh dipotong karena kuku merupakan alat bagi burung hantu untuk menangkap mangsanya. Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui hal ini. Komunitas ini sering berkumpul di daerah Tangerang hari minggu dari sore hingga malam.

@tsoc_nocturnal kami juga memiliki program breeding burung hantu khususnya bagi orang-orang yang belum mengerti cara merawat burung hantu. Mereka biasanya mendatangi pemilik yang masih belum paham dan menawarkan untuk merawat burung hantu dari pemilik sebelumnya. Program breeding masih tersendat dikarenakan pandemi covid 19.

burung hantu

Tips Merawat Burung Hantu

Menurut @tsoc_nocturnal burung hantu merupakan hewan yang tidak cocok untuk dijadikan hewan peliharaan khususnya pemula dan anak-anak. Banyak faktor-faktor yang perlu diperhatikan bagi pemula. Bagi orang yang pertama kali memelihara burung hantu perlu mencari tahu kebiasaan dari burung hantu, jenis makanannya, apakah lingkungan memadai atau tidak. Menurut haidar selaku anggota komunitas @tsoc_nocturnal , bagi pemula yang ingin memelihara burung hantu tidak bisa langsung memelihara walau sudah mengetahui secara teori. Ada proses untuk membangun hubungan dengan burung hantu yang akan dipelihara. Sangat disarankan ketika memelihara perlu didampingi oleh pawang atau komunitas yang sudah ahli.

tsoc_nocturnal seringkali mendapat cerita bahwa dari masyarakat yang memelihara burung hantu tapi burung hantunya tidak dapat hidup lama. Setelah ditelusuri ternyata banyak sekali kesalahan-kesalahan yang terjadi oleh masyarakat khususnya karena tidak banyak pengetahuan yang dimiliki. Karena hal itu, komunitas tsoc_nocturnal ini juga hadir untuk bisa memberikan edukasi terkait burung hantu.

Kami mencoba merangkup saran-saran dari tsoc_nokturnal untuk merawat burung hantu

Waktu Bermain

Waktu yang paling tepat untuk bermain dengan burung hantu adalah malam hari karena burung hantu merupakan makhluk nokturnal (makhluk yang hidup di malam hari). Namun pemilik burung hantu perlu mengatur waktu bermain juga agar tidak ikut-ikutan menjadi nokturnal. Disarankan setiap pagi untuk menjemur burung hantu dari jam 6 – 8 pagi.

Tempat Tinggal/Kandang

Pemilik burung hantu perlu memperhatikan tempat tinggalnya. Burung hantu tidak bisa dibiarkan tinggal di dalam kandang. Sebaiknya burung hantu disiapkan tempat khusus dalam 1 ruangan. Karena hal ini, bagi orang yang tinggal di kosan atau tidak memiliki ruangan yang luas komunitas tsoc_nokturnal tidak menyarankan untuk memeliharanya karena akan membuat burung hantu menjadi stres.

Makanan

Makanan burung hantu sendiri biasanya berupa anak tikus atau anak ayam. Dalam sekali makan burung hantu dapat memakan 3-4 anak ayam dalam sekali makan. Vitamin yang dapat digunakan minyak ikan. Di komunitas @tsoc_nocturnal sendiri bahkan ada anggota yang sengaja breeding tikus atau ayam untuk makanan burung hantu mereka.

Cek artikel burung lainnya di sini atau kalian langsung download hobbinity untuk mengnetahui info lebih banyak soal hewan peliharaan yang kalian sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *